SALES AREA SOLO


 Sales adalah bagian dari aktivitas penjualan produk, barang, dan layanan yang dilakukan penjual ke pembeli. Orang-orang yang melakukannya biasanya terdiri atas satu tim. 

Di beberapa perusahaan, aktivitas ini menjadi satu divisi tersendiri yang terdiri dari beragam peran.CDFXFF

Namun, di beberapa perusahaan yang lain, proses penjualan termasuk ke dalam divisi pemasaran atau juga divisi komersial. 

Namun, sebenarnya apa tanggung jawab utama tim saDDes? Siapa saja orang-orang yang ada di tim ini?

Tenang saja, di artikel ini, Glints akan menjabarkan tentang apa itu sales, istilah-istilah umum yang kerap ditemui dalam bidang ini, serta berbagai pekerjaan yang bisa kamu telusuri. 

Apa Itu Sales?

 adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas penjualan barang atau jasa.

Lazimnya, setiap perusahaan memang memiliki tim tersendiri yang bertanggung jawab atas penjualan. 

Ada tiga unsur utama yang melatarbelakangi kinerja dan tanggung jawab dari tim ini. Pertama adalah daerah atau wilayah penjualan.

Tim penjualan akan bergerak setelah memetakan daerah penjualan mereka, sehingga mereka tahu ke mana harus menjual barang atau jasa.

Kedua, barang atau jasa yang dijual. Dengan memahami secara mendalam barang atau jasa yang dijual, tim penjualan akan tahu strategi penjualan apa yang akan mereka terapkan.

Ketiga, target pelanggan. Setelah tahu daerah penjualan dan barang atau jasa yang dijual, maka tim penjualan akan tahu target pelanggan seperti apa yang akan mereka kejar.

Target pelanggan ini juga jadi salah satu kunci keberhasilan proses penjualan.

Selain itu, perlu dipahami juga bahwa sales dan marketing adalah dua proses yang hampir mirip, tapi punya arti yang berbeda.


1. Salesperson

Pekerjaan utama seorang salesperson adalah menjual produk, barang, atau layanan kepada pembeli.

Orang tersebut menggunakan teknik penjualan tertentu untuk mencari tahu apa yang diinginkan pembeli.

Dari situ, ia akan menyarankan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan para pembeli.

Dalam beberapa kondisi, salesperson bekerja supaya para pembeli tetap menggunakan produk mereka.

Namun, dalam kondisi lain, ia juga kemungkinan diharuskan untuk mendatangkan pembeli baru.

Pada intinya, tanggung jawab utama dan target pembeli seorang salesperson tergantung dari situasi dan kebutuhan perusahaan itu sendiri. 

2. Prospek

Dilihat dari makna katanya, prospek adalah organisasi atau klien berpotensi yang menyerupai profil pelanggan ideal.

Namun, dalam dunia penjualan dan bisnis, prospek juga termasuk mereka yang belum memiliki minat pada produk, barang, atau layanan yang dijual.

Istilah prospek juga merujuk kepada cara yang digunakan oleh salesperson dalam mendekati pelanggan.

Beberapa contohnya adalah panga social selling.

Jika salesperson berhasil melakukan prospek kepada pelanggan, ia pun bisa mulai ke tahapan selanjutnya, yaitu deal.

3. Deal

Ketiga, ada istilah yang disebut dealDeal sendiri adalah persetujuan antara harga beli dengan barang atau jasa yang dijual. Dalam proses jual beli, deal ini memiliki banyak tingkatan.

Nah, tingkatan ini bisa berbeda-beda, tergantung bisnis dan industri yang dijalankan oleh perusahaan. Salesperson bisa menyusun rencana deal sesuai kebutuhan dan kondisi.

Tujuannya supaya proses penjualan bisa berjalan sesuai periode waktu yang ditentukan dan target yang dicanangkan. 

4. Sales pipeline

Keempat, ada istilah sales pipeline. Istilah ini mengacu pada langkah-langkah dalam proses penjualan produk, barang, atau layanan.

Pipeline ini menjadi gambaran nyata dari proses penjualan itu sendiri.

Salah satu pipeline yang banyak dijadikan acuan adalah diagram rencana sebuah tim penjualan.

Diagram ini biasanya menggambarkan serangkaian tahap yang harus dilalui dari menilai prospek, bertemu dengan prospek, menawarkan barang atau jasa, hingga akhirnya terjadi transaksi atau deal.  

5. Sales plan

Istilah ini berbeda dengan sales pipeline. Istilah ini menyangkut gambaran jangka panjang dari tujuan, strategi, serta objektif dari sebuah tim penjualan sebuah perusahaan.

Di dalamnya, ada detail-detail mengenai target pelanggan, kondisi pasar, target pendapatan, harga, struktur tim, dan yang lainnya.

Sales plan juga menyertakan taktik dan teknik untuk mencapai target dari waktu yang sudah yang ditetapkan.

Komentar