Kerja Admin dan Marketing


 ebuah perusahaan baik besar maupun kecil memiliki berbagai macam divisi untuk menjalankan sebuah perusahaan. Salah satu divisi yang mengolah data dan melakukan pelaksanaan tertulis di perkantoran adalah admin.

Admin adalah orang yang mengurusi tata kelola administrasi, seperti mengurus segala berkas, membuat laporan, pengarsipan hingga pengaturan keuangan. Seorang admin harus cekatan, detail, dan teliti saat menginput dan memproses data-data di perusahaan.

Selain itu, seorang admin harus multitasking dan memiliki komunikasi yang baik karena pekerjaannya menyangkut hal-hal penting dalam perusahaan saat menyiapkan data dan juga bekerja s

Macam-Macam Job Desk Admin dan Contohnya

Tugas admin dalam sebuah perusahaan tidak selalu sama. Ada juga admin yang memiliki sedikit tugas berbeda sesuai jenis perusahaan yang ditempati. 

Setiap perusahaan pasti memiliki tugas spesifik tertentu untuk seorang admin kerjakan, bahkan dalam sebuah perusahaan besar, seorang admin tak cukup diselesaikan oleh satu orang saja. Untuk lebih jelasnya, simak macam-macam job desk admin berikut ini!

1. Job Desk Admin Marketing


Sumber Gambar: Unsplash

Admin marketing merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengelola pemasaran sebuah perusahaan dengan mempromosikan produk dan layanan perusahaan di platform media digital. Berikut ini tugas lengkap seorang admin marketing:

  • Melakukan Riset

Seorang admin marketing bertanggung jawab untuk meneliti tren terkini dan kebutuhan para pelanggan untuk mempermudah proses promosi yang efektif.

  • Mengaplikasikan Strategi Pemasaran

Admin marketing wajib untuk merancang dan menerapkan strategi marketing untuk menjangkau pelanggan baru dengan anggaran yang efektif.

  • Berkomunikasi dengan Tim Lain

Salah satu pekerjaan admin marketing adalah membantu staf departemen lainnya, seperti tim PR, manajemen, dan vendor untuk menyediakan informasi dan citra produk yang positif.

2. Job Desk Admin Project


Admin Project atau proyek bertugas untuk memastikan pelaksanaan proyek dapat berjalan dengan baik. 

Ia juga bertanggung jawab untuk membuat laporan, menulis data setiap hari, dan juga biaya operasional. 

Pekerjaan ini biasanya terdapat dalam sebuah proyek sipil, mesin, dan mekanik. Selain itu, tugas seorang admin proyek adalah sebagai berikut.

  • Menginput, rekap, dan merapikan data.
  • Membuat rekapan biaya operasional.
  • Menyusun format dan isi surat jalan.
  • Membuat dan merekap data absensi, berikut data lembur karyawan.
  • Menyusun absensi, SPL dan surat jalan.
  • Menginput laporan bulanan.

Komentar