Dalam perusahaan, terutama yang bergerak pada perdagangan, adalah kunci hubungan dengan konsumen. Pramuniaga adalah tak hanya sekadar pelayan toko, melainkan sumber daya manusia yang menentukan citra sebuah usaha.
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki adalah kebijaksanaan dan kecerdasan saat berurusan dengan pelanggannya. Kemampuan penting pramuniaga adalah harus berani menghadapi segala macam situasi saat melakukan aktivitas penjualan.
Pramuniaga adalah karyawan di perusahaan dagang yang bertugas melayani konsumen. Pramuniaga merupakan orang yang bertugas melayani proses jual beli pada konsumen. Selain jual beli, pramuniaga juga bertugas memperkenalkan produk yang tersedia atau mungkin dibutuhkan konsumen.
Pramuniaga harus dengan tulus dan ramah serta senantiasa tersenyum saat melayani konsumen. Seorang pramuniaga membutuhkan keterampilan hubungan antar pribadi lebih dari yang lain. Saat ia berinteraksi dengan berbagai orang dalam situasi yang beragam, ia harus menunjukkan keterampilan diplomatik dan ketenangan.
Tugas lain pramuniaga seperti menerima pembayaran pelanggan, memberikan kembalian, membantu pelanggan, dan membungkus hadiah dan pembelian.
Tugas pramuniaga
Memberi pelayanan pada konsumen
Tugas utama pramuniaga adalah memberi pelayanan prima pada konsumen. Pramuniaga harus membantu konsumen mendapatkan kebutuhannya, mendengarkan keluhan, dan mengarahkan konsumen ke pilihan yang tepat. Pramuniaga harus peka pada tanggapan konsumen.
Menyambut pelanggan
Komentar
Posting Komentar
Nama ::
Request LOKER ::