KARYAWAN UNTUK WARUNG MAKAN

  1. Menentukan Tujuan Pemasaran Konten

Membuat konten yang jelas serta menarik merupakan bagian yang amat penting. Anda harus memperdalam dan mempertajam pembuatan content marketing yang sesuai dengan audience yang dituju. Pikirkanlah konsep yang sesuai seperti konten apa yang ingin dibuat, apa medianya, dan bagaimana proses pembuatan content marketing tersebut. 

  1. Menyasar Target Audience yang Tepat 

Kenali dengan jelas siapa target konsumen yang ingin Anda tuju. Ini adalah langkah yang paling penting sebagai dasar atau pondasi Anda dalam mebangun content marketing.  Ketahuilah apa yang benar – benar diinginkan oleh pelanggan misalnya dengan mengadakan customer experience test yakni dapat berupa pertanyaan- pertanyaan mengenai produk ataupun konten yang sesuai. 

  1. Buat Konten yang Sesuai

Konten yang Anda buat tentunya harus memberikan cerminan produk Anda. tunjukkan product knowledge dari bisnis Anda pada konten yang dibuat. Misalnya terkait informasi, keunggulan produk, promosi yang ditawarkan, dan lain sebagainya. 

Anda juga dapat menambahkan konten hiburan misalnya seperti kuis, konten yang menaikkan engagement, kontent tebak- tebak, dan masih banyak jenis lainnya yang bisa Anda pelajari dan lakukan. 

Kesalahan dalam Membuat Content Marketing 


Dalam membuat content marketing, tentunya harus dipikirkan secara matang sehingga tidak menimbulkan adanya kesalahan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang terjadi saat membuat content marketing:

  1. Konten yang Tidak Spesifik 

Buatlah konten yang spesifik sehingga menjadikan ciri khas dari brand Anda. banyaknya konten yang beredar di media sosial  menjadikan Anda dapat kehilangan target konsumen apabila penulisan konten yang Anda lakukan tidak spesifik sesuai dengan ciri khas dari brand atau produk Anda.

  1. Lebih Mementingkan Kuantitas dibandingkan Kualitas 

Daripada Anda membuat konten yang banyak namun tidak menarik pembaca, akan lebih baik jika Anda lebih memperhatikan kualitas konten yang dihasilkan. Tidak perlu banyak asalkan Anda konsisten dalam membuat dan menayangkan konten. Buatlah jadwal postingan beserta dengan editorial planning atau tema yang ingin dibahas. 

  1. Tidak Menerapkan SEO

Pada konten website atau konten penulisan di blog, Search Engine Optimization  menjadi hal yang penting agar konten yang anda terbitkan bisa berada pada halaman awal Google dengan kata kunci atau keyword yang telah ditentukan. Pada pemula umumnya tidak menerapkan teknik ini sehingga tidak terbaca oleh pengunjung. 

  1. Gambar tidak Relevan

Pastikan untuk menyesuaikan gambar (visual) dengan tulisan (copy) yang tepat untuk produk atau bisnis Anda. seperti yang diketahui tampilan yang sesuai dengan tulisan yang tepat akan mendatangkan ketertarikan bagi pembacanya. Jadi pastikan untuk membuat konten dengan visual dan copy yang sesuai. 

  1. Terlalu Banyak Konten Promosi

Promosi memang menjadi daya tarik untuk konsumen melakukan pembelian. Namun terlalu banyaknya konten promosi yang berlebihan akan membuat audience menjadi terganggu. Biasanya para audience akan mencari sesuatu yang bermanfaat, menghibur dan menarik. Anda dapat menyiasati kendala ini dengan merencanakan kapan waktu yang tepat untuk membuat konten promosi. 

  1. Tidak Memikirkan Audience

Tujuan utama dari content marketing adalah menarik perhatian konsumen atau target audience yang dituju. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memikirkan konten yang tepat. Bayangkan diri Anda sebagai audience yang ingin membeli produk. Apakah konten Anda ini menarik? Maka dari itu susunlah strategi content marketing dengan riset dan data

 

Komentar