KARYAWAN ROCKET CHIKEN


 

Prinsip-prinsip Manajemen Operasional

Ada prinsip manajemen operasi yang perlu diterapkan oleh setiap manajer. Sebelum kita masuk ke prinsip-prinsip manajemen operasional, perlu kita definisikan lagi arti manajemen. Manajemen mengacu pada koordinasi dan administrasi untuk mencapai tujuan.

Berikut ini adalah prinsip-prinsip dari manajemen operasional.

1. Dasar-dasar

Manajer operasi harus memahami bagaimana mematuhi semua dasar karena ini adalah kunci keberhasilan produksi. Penting sekali untuk memastikan data inventaris yang akurat dan tugas umum lainnya untuk mewujudkan hasil yang optimal.

2. Realitas

Manajer operasi harus fokus pada realitas masalah, bukan teknik semata karena tidak ada alat yang memberikan solusi universal.

3. Organisasi

Proses dalam manufaktur saling berkaitan. Semua elemen harus dapat diprediksi dan konsisten, untuk mencapai hasil yang sama dalam keuntungan.

4. Akuntabilitas

Manajer diharapkan untuk menetapkan aturan dan metrik, menentukan tanggung jawab bawahan mereka, dan secara teratur memeriksa apakah tujuan tercapai.

5. Perbedaan atau Keragaman

Keragaman proses perlu didorong karena jika dikelola dengan baik, perbedaan dapat menjadi sumber kreativitas.

6. Hubungan Sebab dan Akibat

Ada kalanya, masalah akan muncul bahkan di saat upaya terbaik sudah dilakukan. Manajer perlu menemukan akar masalah agar situasinya tidak semakin fatal.

7. Semangat Kerja

Semangat kerja para karyawan bisa menjadi pendorong utama pertumbuhan perusahaan. Peran manajer sebaiknya bisa menginspirasi tim untuk lebih semangat dalam bekerja.

8. Kerendahhatian

Manajer operasional perlu memposisikan diri sebagai 'orang biasa' yang tidak tahu segalanya dan juga bisa melakukan kesalahan. Kenyataannya memang tidak ada yang mau bekerja dengan agresif yang tahu segalanya.

9. Kesuksesan

Manajer dan tim sebelumnya sudah memahami dengan spesifik apa yang mereka anggap berhasil, sehingga setiap individu di perusahaan akan memiliki standar untuk bekerja dalam proses mencapai target.

10. Perubahan

Setiap orang di dalam perusahaan perlu belajar adaptasi dengan perubahan di pasar. Hal ini termasuk untuk memahami pelanggan, target klien, dan apa yang mereka harapkan. Hal ini tentu juga melibatkan penerapan solusi otomatis agar perusahaan bisa lebih maju.


Komentar