Pramuniaga sering disebut juga sebagai sales person atau sales associate. Menurut namanya “pramu” adalah seseorang yang bekerja dalam bidang jasa. Sedangkan “niaga” artinya sebuah kegiatan jual beli untuk mendatangkan keuntungan.
Dari penjelasan di atas bisa diartikan bahwa pramuniaga adalah seseorang yang menjual produk atau layanan kepada pelanggan demi menghasilkan laba. Pramuniaga menyapa pelanggan, memahami kebutuhan mereka, memberi tahu mereka tentang penawaran perusahaan dan membantu mereka memenuhi permintaan mereka. Pelanggan dapat menghubungi pramuniaga dengan kebutuhan khusus atau mungkin hanya mencari item dan layanan yang menurut mereka menarik.
Apa bedanya antara pramuniaga dan wiraniaga?
Sebenarnya bila diartikan kedua kata tersebut memiliki makna yang sama. Wiraniaga adalah orang yang yg melakukan penjualan barang secara langsung kepada konsumen (pembeli). Namun, jika mengacu pada terjemahan pramuniaga dalam bahasa inggris diartikan sales person sedangkan wiraniaga diartikan sebagai sales people.
Apa saja tugas pramuniaga?
- Menyapa dan berinteraksi dengan pelanggan.
- Berkonsultasi dengan pelanggan untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka terkait dengan barang dagangan.
- Mendemonstrasikan dan menjelaskan barang dagangan, memilih dan menyarankan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
- Menjawab pertanyaan pelanggan tentang barang dagangan.
- Membantu pelanggan dengan keputusan pembelian.
- Mengambil barang dagangan dari lantai penjualan, ruang penyimpanan, atau lokasi inventaris lainnya; menempatkan pesanan khusus.
- Mengumpulkan pembayaran menggunakan sistem point of sale toko.
- Proses pengembalian dan penukaran.
- Mendorong cross-selling dan upselling
- Melakukan tugas lain yang diberikan.
Tugas di atas hanya gambaran secara umum, tentunya pramuniaga di minimarket dengan pramuniaga di swalayan akan berbeda. Misalnya pramuniaga alfamart atau indomaret biasanya bertugas juga sebagai kasir serta melakukan laporan penjualan. Sedangkan di swalayan besar seperti pramuniaga superindo mungkin bertugas untuk membantu pelanggan dalam berbelanja seperti menunjukkan letak barang, dll.
Skill yang perlu dimiliki pramuniaga
Berikut adalah beberapa keterampilan bermanfaat yang mungkin ingin dikembangkan oleh seorang pramuniaga:
- Empati: Empati adalah kemampuan untuk memahami bagaimana perasaan orang lain dari sudut pandang mereka. Memiliki empati dapat membantu pramuniaga lebih memahami kebutuhan pelanggan. Serta mencarikan produk yang tepat sesuai kebutuhan mereka.
- Mendengarkan secara aktif: Mendengarkan secara aktif dengan tindakan seperti melakukan isyarat non-verbal dan mengajukan pertanyaan klarifikasi dapat membantu pelanggan merasa Anda terlibat dalam percakapan. Mendengarkan secara aktif juga dapat membantu memperjelas apa yang diinginkan pelanggan.
- Komunikasi: pramuniaga selalu berkomunikasi dengan sales lainnya, manajemen, dan pelanggan lainnya. Komunikasi yang baik, seperti memahami isyarat sosial, perbedaan budaya, dan nada suara dapat membantu membuat pelanggan merasa nyaman.
- Pengetahuan bisnis: Pekerjaan utama pramuniaga adalah menghasilkan pemasukan bagi perusahaan sehingga mereka memerlukan pengetahuan dasar tentang proses bisnis. Hal ini bisa meliputi memahami anggaran, sas
Komentar
Posting Komentar
Nama ::
Request LOKER ::