ASISTEN WARUNG MAKAN


 Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan (Part 1)

Strategi Pelayanan Restoran yang Baik dan Disukai Pelanggan – Manajemen restoran meyakini bahwa layanan pelanggan yang hebat dapat meningkatkan nilai kepuasan pelanggan.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi konsumen yang dilakutudi itu menemukan, satu “pelanggan yang bahagia” akan memberi tahu 1-3 orang mengenai pengalaman positifnya di sebuah restoran.

Sebaliknya, satu “pelanggan yang tidak bahagia” akan memberi tahu sekitar 9-15 orang tentang pengalaman pelanggan negatif yang mereka dapatkan di sebuah restoran.

Lihatlah data di atas. Perbedaannya sangat menonjol kan? Pengalaman negatif dibagikan hingga ke 9-15 orang, tapi pengalaman positif hanya dibagikan kepada 1-3 orang saja.

Data tersebut harus Anda waspadai. Jika pelayanan di restoran Anda dinilai buruk oleh 1 pelanggan saja, bisa-bisa ada 10 orang yang kemudian turut berpikir negatif tentang restoran Anda.

Survei lain denunjukkan bahwa 68% dari semua pelanggan tidak kembali lagi ke restoran karena sikap acuh tak acuh dari karyawan yang melayani mereka. Nah, lagi-lagi data membuktikan bahwa layanan pelanggan yang buruk dapat mengakibatkan sebuah bisnis mengalami kebangkrutan lebih cepat.

 

Pentingnya Pelayanan Pelanggan Secara Baik


Tujuan layanan pelanggan (customer service) yang utama adalah untuk melebihi harapan setiap pelanggan pada setiap kesempatan dalam setiap transaksi sejak mereka memasuki restoran sampai mereka meninggalkan restoran.

Apalagan pelanggan memiliki beragam penilaian ketika datang ke sebuah restoran/ cafe. Mulai dari pengalaman makan, sistem pemesanan, hingga jenis lingkungan restoran seperti tempat makan yang santai, atau restoran cepat saji. 

Berikut adalah beberapa manfaat penting untuk memberikan pelayanan pelanggan yang baik:

  1. Sebagai indikator utama bahwa pelanggan merasa puas sehingga akan membeli kembali di lain waktu dan sebagai tanda loyalitas pelanggan.
  2. Bisa menjadi aspek penting dan pembeda dari pesaing kita.
  3. Akan mampu mengurangi hilangnya pelanggan.
  4. Dapat meningkatkan nilai sebuah restoran di mata pelanggan.
  5. Mampu mengurangi umpan balik negatif atau hubungan pelanggan yang negatif.

Nah, banyak sekali kan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memberikan pelayanan yang baik untuk seluruh pelanggan restoran Anda.

Baca Ju

Jadi, yang perlu Anda lakukan sekarang adalah memperbaiki pelayanan pelanggan di restoran Anda agar lebih baik kedepannya. Coba lakukan strategi pelayanan restoran yang baik dan disukai pelanggan berikut ini:

 

1. Strategi Hubungan pelanggan (Customer Relations)

Komentar