Lowongan Kerja di WAHYU JAYA GROUP

Penjualan sangat penting untuk bisnis karena di sinilah sumber pendapatan utama mengalir. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penjualan, perusahaan serta manajer penjualan harus berjuang untuk merancang strategi penjualan yang menguntungkan. Melalui ulasan ini, LinovHR akan menjelaskan kepada Anda arti, keterampilan yang diperlukan untuk dikuasai, tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan profesi ini.



Apa itu petugas komersial?
Eksekutif penjualan adalah orang dalam yang berperan untuk merancang strategi penjualan perusahaan secara keseluruhan serta strategi untuk melibatkan tim penjualan lainnya. Pekerjaan ini diperlukan untuk bertemu banyak pelanggan bahkan di luar kota.



Baca juga: Nota penjualan: definisi, contoh dan praktik



Jenis tenaga penjualan
Ada berbagai jenis posisi dalam penjualan. Dilihat dari jenis usaha yang Anda geluti, ada beberapa jenis pekerjaan dalam pekerjaan ini, yaitu:

1. Penjual B2B
Peran sales dalam bisnis B2B adalah sebagai jembatan antara perusahaan dengan perusahaan lain. Ketika sebuah perusahaan menjual produknya ke perusahaan lain. Pendekatan yang digunakan lebih terfokus pada kemaslahatan organisasi, sehingga mereka harus dapat menjelaskan bagaimana produk tersebut menguntungkan bisnis lain. Contoh bisnis yang memiliki beberapa jenis penjualan adalah perusahaan distribusi makanan untuk sektor perhotelan (hotel, restoran, bar)



2. Sales Executive B2C
Kategori ini diarahkan bagaimana pendekatan individual karena tipe pelanggan adalah individu. Pengetahuan tentang jenis pasar dan kemampuan menjangkau orang-orang diperlukan untuk memenangkan hati pelanggan dan pada akhirnya memutuskan untuk membeli dan menggunakan produk perusahaan. Contohnya adalah bisnis yang menjalankan pusat kebugaran atau gym.



Tanggung jawab dan tugas manajer penjualan
Tanggung jawab dan tugas manajer penjualan jelas
tidak jauh dari pekerjaan penjualan. Keseluruhannya sangat berguna untuk menyusun strategi yang efektif. Jika diberikan, berikut adalah tanggung jawab dan tugasnya:

Meneliti
dan mengusulkan prospek untuk peluang bisnis baru
Merencanakan strategi penjualan
Menganalisis penjualan opsi saluran
Membangun hubungan dengan prospek
Menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada
Memperbarui tren bisnis saat ini
Mengidentifikasi pesaing di posisi penjualan
Mengumpulkan, membandingkan peralatan dan menganalisis data atau informasi pada laporan penjualan
Membuat dan mengelola jaringan bisnis secara profesional
Bertemu pelanggan saat ini dan calon pelanggan untuk menentukan kebutuhan mereka


Baca juga: Tugas dan tanggung jawab analis bisnis



Keterampilan
yang dibutuhkan untuk master
Keterampilan manajemen bisnis diperlukan untuk mempertahankan dan mengembangkan penjualan agar 'tetap stabil dan berkembang. Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan strategi penjualan yang efektif?



1. Pengetahuan Produk
Pengetahuan produk atau product knowledge
sangat mempengaruhi bagaimana pelanggan mempersepsikan nilai suatu produk. Penting untuk menjelaskan cara kerja produk, manfaat yang ditawarkan, dan promosi yang berlaku agar pelanggan tertarik dengan produk tersebut. Beberapa perusahaan melakukan pelatihan karyawan untuk menerapkan product knowledge yang mendalam agar karyawan memiliki pemahaman yang mendalam terhadap produk.



2. Menganalisis data dan wawasan penjualan
Merancang strategi memerlukan analisis mendalam tentang penjualan yang relevan. Data dan informasi terkait pelanggan, lokasi perusahaan, lokasi pesaing, tren bisnis dan peraturan yang berlaku. Kemampuan membaca dan menerjemahkan data dan informasi mengarah pada pola dan informasi tentang kondisi pasar. Dari situ, strategi akan dibentuk dan kemudian dieksekusi.



3. Fokus pada Tujuan
Setiap penjualan adalah tentang menjual untuk keuntungan yang optimal. Tujuan penjualan membuat perusahaan lebih kompetitif serta indikator KPI-nya. Dibutuhkan upaya kreatif dan eksplorasi pasar untuk tetap fokus dan sukses pada tujuan penjualan. Oleh karena itu, fokus pada tujuan penjualan adalah sesuatu yang selalu diperlukan dalam pekerjaan penjualan.



. Manajemen Waktu
Bertemu dan bertemu orang adalah praktik umum dalam penjualan. Belum lagi tindak lanjut pelanggan atas penawaran yang dilakukan minggu lalu. Oleh karena itu, kemampuan mengatur waktu atau time management adalah mutlak. Dengan cara ini, tren dan waktu penjualan lebih mudah dipantau dan dianalisis.



Baca juga: Aplikasi manajemen waktu



5. Komunikasi
Cara berkomunikasi dalam penjualan yang baik adalah dengan bercerita. Setelah bercerita, segera analisis poin-poin terkait produk yang ingin Anda tawarkan. Kemudian mengiklankan dan menawarkan produk yang bermanfaat kepada pelanggan. Deskripsi produk harus dikomunikasikan secara profesional namun menyenangkan dan nyaman. Penjualan akan lebih cair.

Komunikasi tidak hanya tentang penjualan produk, tetapi juga tentang reputasi perusahaan dan bagaimana menjaga hubungan yang ada. Selain itu, negosiasi sama pentingnya untuk mencapai kesepakatan terbaik antara pelanggan dan perusahaan. Oleh karena itu, penjual yang memiliki reputasi baik harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik.

6. Empati
Empati adalah kemampuan untuk mengenali dan memposisikan diri Anda seolah-olah Anda merasakan hal yang sama. Sikap ini diperlukan untuk memahami kebutuhan untuk mendekati pelanggan. Secara alami, pelanggan akan merasa terbantu dan akan memutuskan untuk membeli produk tersebut. Jika mereka senang dengan produknya, kemungkinan besar pelanggan juga akan merekomendasikan produk perusahaan kepada rekan-rekan mereka.



Karena penjualan merupakan bagian penting dari bisnis, penting bagi tenaga penjualan untuk melaksanakan tugas mereka secara menyeluruh dan hati-hati. Seperti, bagaimana? Tertarik melamar posisi ini? Demikian penjelasan singkat tentang LinovHR. Semoga ini bisa membantu untuk menambahkan beberapa informasi!
 

Komentar