Indusrtrial Engineering (IE) di Delta Gemilang


 Pada artikel ini, saya akan membagikan pengalaman saya bekerja di perusahaan pakaian PMA milik Korea yang saya miliki selama bekerja di departemen Indonesia, yang merupakan singkatan dari teknik industri. Tugas saya adalah memastikan bahwa efisiensi perusahaan selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Persentase nilai perusahaan (indikator kinerja) perusahaan. Departemen IE/lean bertanggung jawab untuk memastikan bahwa KPI produksi selalu naik secara bertahap. KPI sendiri menggunakan nilai standar berupa efisiensi produksi.

Agar nilai efisiensi produksi berada di atas harapan, kita harus meminimalkan semua jenis pemborosan dan memaksimalkan produktivitas tenaga kerja dengan memperbaiki sistem kerja seperti kaizen (perbaikan berkelanjutan).

Kaizen disini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti :

1. Memperbaiki proses dari masing-masing operator melalui studi waktu.

2. Menghilangkan cacat yang timbul dengan menganalisa penyebabnya dan melakukan perbaikan kualitas untuk mengetahui penyebabnya, kemudian memberikan solusi agar tidak terulang kembali.

3. Hilangkan proses yang tidak perlu untuk mempercepat waktu penyelesaian produksi. Misalnya, saat memasang kancing baju, cukup 6 buah saja, tetapi kita pasang 8 buah. Ini buang-buang waktu dan tenaga.

. Menerapkan program 5S (sort, stack, sweep, standardize, disiplin) di lingkungan produksi.

5. Dan seterusnya.

Dengan melakukan beberapa perbaikan seperti di atas, diharapkan nilai efisiensi produksi akan meningkat, sehingga dapat menguntungkan perusahaan. Berikan sedikit usaha atau energi, maksimalkan hasil produksi. Sehingga nilai efisiensi produksi akan meningkat. Agar tugas seorang staf IE dapat diselesaikan. Kita hanya perlu memantaunya setiap hari, jika efisiensinya turun, kita cari penyebabnya dan segera lakukan perbaikan/kaizen.

Garment adalah perusahaan yang bergerak di bidang clothing dan tailoring to order. Jelas, oleh karena itu, tugas staf IE adalah memastikan bahwa setiap proyek yang jatuh harus efisien dalam prosesnya, agar tidak membuang waktu, tenaga, dan uang. Dan yang paling penting bagi pelanggan atau klien adalah pesanan mereka dapat diselesaikan tepat waktu sesuai dengan permintaan mereka. Agar pesanan pelanggan terkirim tepat waktu, semua proses harus efisien

Komentar